MR. STYLE BARBERSHOP (Perencanaan Pendirian Usaha Barbershop Home Service Dengan Layanan Booking Appointment Berbasis Digital di Kota Palembang)

Jeffry, Jeffry (2022) MR. STYLE BARBERSHOP (Perencanaan Pendirian Usaha Barbershop Home Service Dengan Layanan Booking Appointment Berbasis Digital di Kota Palembang). Diploma thesis, Universitas Multi Data Palembang.

[img] Text
1822200046 jeffry.pdf

Download (2MB)

Abstract

Barber sendiri berasal dari bahasa latin yaitu barba (jenggot) jadi seorang barber itu adalah orang yang mempuyai tugas utama yaitu memotong, merawat dan memberikan gaya. Mr.Style Barbershop merupakan jenis usaha barbershop dengan spesialisasi pada jasa potong rambut, cukur dan pewarnaan rambut. Mr. Style Barbershop menawarkan jasa pangkas rambut, cukur dan pewarnaan rambut dengan jaminan kualitas pada produk yang digunakan dan memberikan kepuasan baik dari segi jasa yang ditawarkan maupun pelayanan yang diberikan. Mr. Style Barbershop menyediakan 2 layanan yaitu jasa home servis dan langsung ke tempat barbershop. Aspek pemasaran, usaha ini mempromosikan usahanya melalui media sosial yaitu Instagram, facebook dan whatsapp. Dalam mempromosikan Mr.Style Barbershop juga menggunakan salah satunya adalah WOM atau Word Of Mouth. WOM merupakan salah satu cara promosi dengan informasi yang disebar dari mulut ke mulut. Dengan WOM informasi yang disebar lebih cepat, dan langsung kesasaran. Mr.Style Barbershop memberikan kepuasan kepada pelanggan mulai dari pelayanan, promosi dan juga harga yang bersaing sehingga pelanggan puas dan tidak segan merekomendasikan produk. Para barberman akan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin dengan membantu pelanggan untuk memberikan masukan atau saran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen sendiri. Mr. Style Barbershop dengan target segmen usia 5 tahun hingga 45 tahun dan pada umunya adalah pelajar, mahasiswa, karyawan dan pengusaha. Mr.Style Barbershop ini ditujukan kepada semua kalangan pria mulai dari masyarakat kalangan kelas bawah, menengah, dan atas. Aspek organisasi dan manajemn, Mr.Style Barbershop dalam bentuk struktur organisasi yang terdiri dari pemilik, barberman yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam pekerjaan. Aspek produksi, lokasi usaha yang dipilih Mr.Style Barbershop di jalan musi raya barat No. 11 dalam bentuk ruko, lokasi ini dipilih karena tergolong strategis yaitu berada dipinggir jalan raya utama yang berdekatan dengan beberapa kantor, sekolah dan perumahan. Proses dalam produksi atau pelayanan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Mr.Style Barbershop yang dapat diakses melalui website yang telah disediakan Mr.Style Barbershop untuk mempermudah konsumen dalam melakukan booking atau pemesanan dan juga dapat DM melalui Whatsapp, Instagram, dan Facebook untuk berkonsultasi. Aspek keuangan, modal awal yang dibutuhkan Mr.Style Barbershop adalah sebesar Rp. 419.540.000. untuk mengetahui jangka waktu pengembalian investasi Mr.Style Barbershop, maka dilakukan perhitungan menggunakan Payback Period dengan hasil pengembalian modal selama 2 tahun 1 bulan 7 hari. Dalam analisis kelayakan bisnis Mr.Style Barbershop memperoleh nilai NPV (Net Present Value) sebesar Rp. 262.358.410, dengan PI (Profitability Index) sebesar 1,62 dimana nilai PI lebih besar dari angka 1. Diketahui nilai IRR (Internal Rate of Return) sebesar 28,6% dan ARR (Average Rate of Return) sebesar 188%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis Mr.Style Barbershop dikatakan layak untuk dijalankan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 28 Sep 2022 11:04
Last Modified: 28 Sep 2022 11:04
URI: http://rama.mdp.ac.id:84/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item