IMPLEMENTASI ALGORITMA $P POINT CLOUD RECOGNIZER PADA GAME PENGENALAN ANGKA

Athar, Muhammad Farid (2022) IMPLEMENTASI ALGORITMA $P POINT CLOUD RECOGNIZER PADA GAME PENGENALAN ANGKA. Diploma thesis, Universitas Multi Data Palembang.

[img] Text
Muhammad Farid Athar 1822250047.pdf

Download (957kB)

Abstract

Semakin banyak perangkat memiliki masukan berupa gestur. Mengenali gestur tersebut menjadi semakin dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi. Salah satu metode yang digunakan dalam mengenal gestur adalah Point Cloud Recognizer atau $P. Pengenalan gestur dapat digunakan untuk mengenali tulisan seperti angka atau. Hasil pengenalan ini dapat digunakan untuk edukasi tentang menulis melalui aplikasi, seperti game. Penelitian dilakukan dengan megimplementasikan $P pada game untuk menunjukkan $P dapat menjadi saran metode yang dapat digunakan dalam pengembagan game yang memerlukan fitur tersebut. Dalam penelitian $P diimplementasi dengan menggunakan game engine Unity dan bahasa pemrograman C#. Data yang digunakan ada 3 set numeral 1 sampai 10 dengan konfigurasi jumlah point pada $P sejumlah 32. Total 100 pengujian dilakukan pada game dengan hasil akurasi 99% dalam pengenalan, menunjukkan bahwa metode $P dapat mengenali gestur tulisan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Point Cloud, Pengenalan gestur, Implementasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa > Informatika
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:21
Last Modified: 29 Sep 2022 03:21
URI: http://rama.mdp.ac.id:84/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item