PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH

Ahmad Habibi, Abdullah (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH. Diploma thesis, STMIK Global Informatika Mdp.

[img] Text
Skripsi 2011250148.pdf

Download (493kB)

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan dalam mendidik anak-anak usia PAUD dalam memahami ayat-ayat Al Qur’an yaitu dengan memberikan tahapan yang dimulai dari memahami huruf-huruf hijaiya, adapun metode yang digunakan dalam pengajaran tersebut adalah menggunakan metode Tilawati yang cara pengajarannya adalah dengan cara bermain, membaca dan bernyanyi dengan cara tersebut anak dapat lebih mudah untuk mengingat dan memahami huruf-huruf hijaiya. Dalam aplikasi ini pengguna diminta untuk mempelajari huruf-huruf hijaiyah dan setelah pengguna mempelajari huruf-huruf hijaiyah pengguna akan masuk kehalaman game pengguna diminta mengarahkan kearah huruf-huruf yang telah disediakan. Agar pengguna tidak mendapatkan huruf-huruf yang berulang dibutuhkan sebuah algoritma pengacakan yaitu algoritma linear congruent method (LCM). Algoritma linear congruent method (LCM) merupakan algoritma pengacakan yang menggunakan metode bilangan acak. Oleh karna itu, algoritma linear congruent method (LCM) memberikan bilangan acak untuk pengacakan huruf-huruf hijaiyah. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan dibuat dengan menggunakan software Unity 3D serta bahasa pemrograman C#. dari hasil implementasi dan pengujian terhadap Algoritma LCM, didapat kesimpulan bahwa algoritma LCM dapat mengacak kemunculan huruf

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran huruf hijaiyah, Algoritma Linear Congruent Method.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: STMIK Global Informatika Mdp > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:48
Last Modified: 02 Sep 2019 03:55
URI: http://rama.mdp.ac.id:84/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item