BIZE CLOTHING BOUTIQUE (Perencanaan Pendirian Usaha Pakaian Big Size di Kota Palembang)

Furtiman, Kelly Evita (2022) BIZE CLOTHING BOUTIQUE (Perencanaan Pendirian Usaha Pakaian Big Size di Kota Palembang). Diploma thesis, Universitas Multi Data Palembang.

[img] Text
kelly evita furtiman 1822200022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Butik adalah toko pakaian yang menjual pakaian modern, sesuai dengan mode mutakhir dengan segala kelengkapan busana terutama untuk wanita. Untuk Butik dan toko baju pada umumnya sama tetapi ada perbedaan konsep yaitu butik menjual pakaian modis masa kini akan tetapi toko baju biasa pada umumnya hanya menjual pakaian untuk memenuhi kebutuhan saja atau dengan model yang itu – itu saja. BIZE Clothing Boutique merupakan jenis usaha butik dengan spesialisasi menjual pakaian khusus ukuran Big Size dengan jaminan kualitas produk yang memberikan kepuasan sendiri kepada konsumen. BIZE Clothing Boutique sendiri menyediakan beberapa jenis produk seperti Kemeja, Dress, Kaos, Blouse, Outer, Dress Batik, Gaun Pesta, serta Piyama. Aspek Pemasaran, usaha ini mempromosikan produk menggunakan sosial media seperti Instagram, Tiktok Shop, Whatsapp, dan memanfaatkan website seperti www.produkdalamnegeri.com. Dalam promosinya, BIZE Clothing Boutique juga memanfaatkan promosi WOM atau Word Of Mouth. WOM merupakan salah satu promosi dari mulut ke mulut yang dapat menyebarkan informasi dengan cepat, dan langsung ke sasaran. BIZE Clothing Boutique juga memberikan kepuasan kepada pelanggan mulai dari pelayanan, kualitas, promosi dan tentunya harga yang bersaing sesiau dengan kualitas serta produk yang didapat. Aspek Organisasi dan manajemen, BIZE Clothing Boutique dalam bentuk struktur organisasi tang terdiri dari pemilik, penjahit, kasir, dan pramuniaga yang memiliki tugas serta tanggung jawab masing–masing sesuai dengan pekerjaan yang ditempuh. Aspek produksi, lokasi usaha BIZE Clothing Boutique terletak di Jalan. Slamet Riadi No. 259 dalam bentuk ruko. Lokasi ini dipilih karena tergolong strategis yaitu berada dipinggir jalan, dekat dengan pasar dan pemukiman padat penduduk. Untuk proses produksinya, sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh BIZE Clothing Boutique yaitu memanfaatkan sosial media dan website serta dapat menghubungi langsung ke toko melalui Whatsapp. Aspek Keuangan, modal awal yang dibutuhkan BIZE Clothing Boutique adalah sebesar Rp. 276.157.520 untuk mengetahui jangka waktu pengembalian modal, maka BIZE Clothing Boutique melakukan perhitungan dengan menggunakan Payback Period dengan hasil pengembalian modal selama 1 tahun 10 bulan 5 hari. Dalam analisis kelayakan usaha, BIZE Clothing Boutique memanfaatkan perhitungan nilai NPV ( Net Present Value ) sebesar Rp. 166.574.472, dengan PI ( Profitability Index ) sebesar 1,60 dimana nilai PI lebih besar dari angka 1, nilai IRR ( Internal Rate of Return ) sebesar 25,5% dan ARR ( Accounting Rate of Return ) sebesar 127%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis BIZE Clothing Boutique dikatakan layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:04
Last Modified: 30 Sep 2022 07:04
URI: http://rama.mdp.ac.id:84/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item