RANCANG BANGUN GAME RENGASDENGKLOK DENGAN ALGORITMA FISHER-YATES

Fahtrianto, Fahtrianto (2020) RANCANG BANGUN GAME RENGASDENGKLOK DENGAN ALGORITMA FISHER-YATES. Diploma thesis, STMIK Global Informatika Mdp.

[img] Text
fahtrianto 1620250022_watermark.pdf

Download (886kB)

Abstract

Pengguna smartphone semakin tumbuh setiap tahunnya. Penggunaan piranti tersebut tidak terlepas dari bermain game. Video game sering dikaitkan dengan hal-hal yang negatif seperti membuat kecanduan bermain game yang melebihi batas waktu normal sekitar 1-2 jam/hari, ditambah kurangnya minat belajar yang timbul bagi siswa disekolahan ataupun dirumah dan menjadi salah satu masalah yang ada. Video game bukan hanya menjadi media hiburan semata, banyak video game yang dapat memberikan edukasi seputar pelajaran sekolah ataupun lingkungan. Game edukasi dapat memberikan penjelasan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengangkat cerita sejarah yang jarang dibahas dalam publik seperti cerita peristiwa Rengasdengklok yang merupakan kunci penting dari kemerdekaan Indonesia dan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar cerita yang diangkat. Rancang bangun dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan tahapan yang dimulai dari menentukan konsep, menentukan desain dari game, mengumpulkan material yang dbutuhkan, melakukan pengimplementasian desain, melakukan uji coba terhadap aplikasi, dan melakukan distribusi pada target. Fisher-Yates Shuffle berguna untuk mengacak soal-soal yang ada dan mencegah terjadinya soal yang sama tampil dua kali. Pengacakan dilakukan secara bertahap dengan cara mengambil nilai acak dan menyusunnya kembali dalam urutan yang berbeda. Dengan pembelajaran melalui video game minat belajar pelajar bertambah. Hasil dari rekapitulasi kuisioner atas penerimaan dan kepuasan aplikasi game Rengasdengklok menunjukkan hasil sebesar 42% sangat setuju, 47% setuju dan 9% netral bahwa aplikasi telah berfungsi dengan baik dan dapat dipilih sebagai salah satu media pembelajaran sejarah khususnya pada sejarah Rengasdengklok

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rengasdengklok, Game edukasi, MDLC (Multimedia Development Life Cycle), Fisher-Yates Shuffle
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: STMIK Global Informatika Mdp > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 05 Jun 2020 05:53
Last Modified: 05 Jun 2020 05:53
URI: http://rama.mdp.ac.id:84/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item View Item