PEMPEK SULTHAN PINDANG AGAN ( Perencanaan Pengembangan Usaha Waralaba Pempek Sulthan & Pindang Agan )

Valentinus, Andrean (2020) PEMPEK SULTHAN PINDANG AGAN ( Perencanaan Pengembangan Usaha Waralaba Pempek Sulthan & Pindang Agan ). Diploma thesis, STIE Multi Data Palembang.

[img] Text
Andrean Valentinus 2014200043_ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Waralaba Pempek Sulthan & Pindang Agan merupakan suatu usaha waralaba yang bergerak dalam bidang makanan. Waralaba ini menjual pempek dan pindang sebagai makanan utama dan lainnya. Waralaba ini memiliki 2 jenis paket yaitu paket food court dan paket mini resto untuk pembeli paket food court akan mendapatkan dekorasi konsep yang unik ala Pempek Sulthan & Pindang Agan dan mesin kasir yang berbasis android yang canggih,dan untuk pembelian paket mini resto akan mendapatkan etalase modern , mesin kasir berbasis android dan dekorasi tempat yang unik. Pempek Sulthan dan Pindang Agan berdiri sejak tahun 2015, yang didirikan oleh Fifie Fitri Rizki dan Rudiansyah. Berawal dari hobi memasak pempek untuk anak-anaknya dan mencoba menerima orderan dari teman-teman. Akhirnya Fifie mencoba membuka outlet atas dukungan suami dan keluarga. Nama Pempek Sulthan dan Pindang Agan menggunakan nama anak-anaknya. Pertama kali Fifie membuka usahanya di Ruko Jakabaring dan menjual pempek dan pindang saja, seiring berjalannya waktu pemilik berinovasi kepada produknya dan menambah menu baru yaitu pempek pelangi . Pada awal 2018 Pempek Sulthan dan Pindang Agan membuka cabangnya ke 2 di komplek Ramayana yang beralamat di jalan Letkol Iskandar Ruko Ramayana Palembang. Di buat dengan konsep yang kekinian dimana menggunakan suasana yang nyaman dengan adanya live music, tempat nongkrong dan sky walk. Dan melihat perkembangan zaman sekarang yang di Kota Palembang banyak yang membuka bisnis waralaba makanan yang trend maka Pempek Sulthan & Pindang Agan mau mengembangkan usahanya menjadi waralaba untuk bisa memperluas usahanya dan membantu masyarakat untuk berbisnis dengan modal yang terjangkau. Hal inilah yang membuat penulis untuk merencanakan Waralaba terhadap Pempek Sulthan & Pindang Agan. Pempek Sulthan & Pindang Agan berlokasi pada Jl. Pangeran Ratu Ruko Orange No.6 Samping Pasar Induk Jakabaring dan Jl. Letkol Iskandar Ruko Ramayana Palembang..Pempek Sulthan & Pindang Agan berjualan dari pukul 07.00 sampai 18.00. Dan untuk cabang di Ramayana membuka pukul 09.00 sampai 21.00. Waralaba Pempek Sulthan & Pindang Agan menawarkan harga yang sesuai dengan fasilitas kepada franchisee yang nantinya fasilitas, alat – alat maupun desaign tempat akan diatur oleh pihak Pempek Sulthan & Pindang Agan. Aspek Pemasaran, Pempek Sulthan & Pindang Agan mempromosikan produknya melalui media sosial seperti : ( facebook, Instagram, WhatsApp), media cetak seperti : (brosur, dan kartu nama). Pempek Sulthan & Pindang Agan menargetkan calon pembeli waralaba di usia 21-50 tahun yang dimana umur tersebut masih memiliki penghasilan pendapatan yang mencukupi untuk menjalani usaha dan tersebut. Aspek Organisasi dan Manajemen, Pempek Sulthan & Pindang Agan memiliki bentuk struktur organisasi yang masih sederhana karena dalam struktur organiasi Pempek Sulthan & Pindang Agan belum memerlukan banyak orang tetapi untuk kedepannya akan di sesuaikan dengan tuntutan terhadap kinerja usaha. Aspek Keuangan, Pempek Sulthan & Pindang Agan membutuhkan modal awal sebesar Rp. 1.760.511.850 dalam pengembalian modal investasi usaha Pempek Sulthan & Pindang Agan melalui perhitungan Payback Period (PP) dengan mendapatkan hasil pengembalian selama 2 tahun 6 bulan 15 hari mampu mengembalikan jumlah investasi yang dikeluarkan. Dalam analisa kelayakan usaha Pempek Sulthan & Pindang Agan , dalam perhitungan NPV mendapatkan hasil positif dengan jumlah Rp. 456.954.753 yang artinya usaha Pempek Sulthan & Pindang Agan dapat dikatakan layak. Berdasarkan perhitungan dari Profitabilites Index (PI) waralaba Pempek Sulthan & Pindang Agan sebesar 1,26 > 1 maka investasi waralaba Pempek Sulthan & Pindang Agan dapat di terima atau dikatakan layak. dalam perhitungan IRR 10,962% lebih besar dari BI Rate Mei yang 4,50% Maka disimpulkan bahwa usaha Pempek Sulthan & Pindang Agan dapat dikatakan layak atau di terima. Dan berdasarkan perhitungan dari Average Rate of Return (ARR) waralaba Pempek Sulthan & Pindang Agan sebesar 126,2% maka bisa di katakan layak atau di terima karena hasil tersebut lebih besar dari penetapan kelayakan suatu usaha dengan standar 100%. Maka berdasarkan hasil perhitungan dari seluruh metode aspek keuangan tersebut, dapat di ambil kesimpulan bahwa waralaba Pempek Sulthan & Pindang Agan dapat di terima dan layak untuk di jalankan karena telah memenuhi standar kelayakan suatu usaha .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: STIE Multi Data Palembang > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 09 Nov 2020 02:23
Last Modified: 09 Nov 2020 02:23
URI: http://rama.mdp.ac.id:85/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item