SALON ANNA (Perencanaan Pengembangan Usaha Layanan Online Salon Anna)

Agustina, Tia Triputri (2020) SALON ANNA (Perencanaan Pengembangan Usaha Layanan Online Salon Anna). Diploma thesis, STIE Multi Data Palembang.

[img] Text
Tia Triputri Agustina 1620200025_ok.pdf

Download (945kB)

Abstract

Salon Anna merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang jasa Layanan Kecantikan yang sudah berdiri sejak tahun 1960 . Salon Anna mulai melakukan inovasi pada bisnisya dengan konsep Layanan baru yang akan ditawarkan yaitu Layanan Online atau Layanan datang ke rumah . Dimana Layanan in akan sangat memudahkan dan membantu masyarakat yang sulit mempunyai waktu untuk bepergian ke salon atau keluar rumah . Dengan Layanan Online ini masyarakat dapat lebih mudah untuk menikmati Layanan seperti di salon pada umumnya tanpa harus menghabiskan waktu yang lama di dalam salon karena jika langsung datang ke salon kecantikan masyarakat harus menunggu giliran terlebih dahulu untuk dilayani. Saat ini untuk mudah dijangkau oleh setiap masyarakat layanan online Salon Anna sudah merancang aplikasi dan untuk menggunakan jasa Layanan Online Kecantikan pada Salon Anna masyarakat harus menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Produk dari Layanan Online Salon Anna sendiri berupa jasa layanan kecantikan online. Layanan Online Salon Anna sangat menjaga dan mengutamakan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Layanan Online Salon Anna ini menggunakan aplikasi untuk melakukan pemesanan terhadap kebutuhan layanan kecantikan yang akan diperlukan seperti haircut, creambath, hair coloring, smoothing, keriting, hair stylish dan makeup yang telah disediakan melalui aplikasi. Pada aplikasi Salon Anna sendiri tersedia tiga icon yang berada di bagian bawah aplikasi yang terdiri dari icon Home (Beranda), icon Cart (Keranjang Pesanan), icon Orang (Akun Pelanggan). Layanan Online Salon Anna ini menawarkan 7 jenis layanan yang terdiri dari haircut, creambath, hair coloring, smoothing, keriting, hair styling dan makeup. Layanan Online Salon Anna mulai beroperasi dari pukul 09.00 AM sampai 18.00 PM. Metode Pembayaran yang digunakan Layanan Online Salon Anna adalah BCA Virtual Account dan Cash on Delivery. Aspek pemasaran, usaha ini menggunakan Social Networking, Public Relation dan Personal Selling sebagai media untuk memasaran usaha ini. Aspek keuangan, modal awal yang dibutuhkan Layanan Online Salon Anna sebesar Rp 270.944.000 dengan menggunakan modal dari orang tua. Untuk mengetahui jangka waktu pengembalian modal investasi Layanan Online Salon Anna menggunakan metode Payback Period (PP) dengan hasil pengembalian modal usaha Layanan Online Salon Anna yaitu 2 tahun 1 bulan 18 hari. Berdasarkan perhitungan analisis kelayakan usaha yang dilakukan oleh Layanan Online Salon Anna, menggunakan perhitungan NPV bernilai positif sebesar Rp 153.095.621 dan IRR yang hasilnya sebesar 23,66% yang dikatakan layak jika nilai IRR > dari suku Bunga yang berlaku yaitu 4,50%. Profitability index (PI) > dari 1 yaitu 1,57 sehingga usaha ini dapat diterima dan Accounting Rate Of Return (ARR) lebih besar dari 100% yaitu 159,20% sehingga usaha Layanan Online Salon Anna dapat diterima. Berdasarkan dengan penjelasan yang telah dilakukan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha Layanan Online Salon Anna dinyatakan layak untuk didirikan dan dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: STIE Multi Data Palembang > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 10 Nov 2020 05:02
Last Modified: 10 Nov 2020 05:02
URI: http://rama.mdp.ac.id:85/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item