PALEMBANG IT SOLUTIONS (Perencanaan Pendirian Usaha Tempat Perbaikan Komputer di Era New Normal)

Anthony, Aldy (2021) PALEMBANG IT SOLUTIONS (Perencanaan Pendirian Usaha Tempat Perbaikan Komputer di Era New Normal). Diploma thesis, STIE Multi Data Palembang.

[img] Text
AldyAnthony(1620200081).pdf

Download (849kB)

Abstract

Palembang IT Solutions merupakan sebuah usaha jasa yang melakukan perbaikan peralatan elektronik yang berhubungan dengan komputer seperti komputer, laptop dan printer. Palembang IT Solutions memudahkan konsumennya untuk melakukan perbaikan dengan hanya menunggu dirumah dan teknisi akan langsung menghampiri ke lokasi konsumen. Para konsumen juga dapat melakukan konsultasi mengenai masalah yang terjadi pada komputer mereka. Dalam melakukan perbaikan Palembang IT Solutions direncanakan akan memiliki tempat kerja, yang didirikan pada kawasan Sukabangun 2 tepatnya di jalan Sukabangun 2 Lorong Kesehatan II kota Palembang. Pemilihan lokasi ini dinilai cukup strategis, karena pada lokasi tersebut berdekatan dengan kawasan sekolahan, perumahan, rumah sakit, supermarket, Gramedia World dll yang merupakan peluang besar dengan penggunaan komputer aktif. Untuk mengetahui minat atau keinginan masyarakat terhadap jasa perbaikan komputer dengan langsung teknisi ke lokasi konsumen, Palembang IT Solutions melakukan survei dengan menyebar kuesioner untuk mengetahui minat masyarakat, khususnya masyarakat di Kota Palembang dengan melibatkan sebanyak 40 responden. Berdasarkan hasil data dari survei kuisioner yang telah dilakukan didapat bahwa sebesar 20% (8 responden) menolak atau tidak berminat melakukan perbaikan komputer yang langsung kelokasi karena lebih memilih langsung ke lokasi dan 80% (32 responden) berminat terhadap usaha ini. Palembang IT Solutions dalam menarik minat/perhatian masyarakat, menawarkan harga yang lebih murah dari pesaingnya dengan fasilitas yang tidak kalah baik dengan pesaingnya, selain itu konsumen diberikan kemudahan dalam melakukan perbaikan dengan menguhubungi Palembang IT Solutions langsung, memberi tahu masalah yang terdapat pada komputer dan teknisi akan datang ke lokasi konsumen untuk mengambil barang untuk proses perbaikan. Mengingat selama masa pandemi dan new normal ini masyarakat harus menjaga jarak untuk mengurangi keramaian. Dalam melakukan pemasaran dan promosinya, selain membagikan brosur Palembang IT Solutions juga menggunakan media sosial, seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dan Line sebagai perantara untuk melakukan promosi. Selain Instagram sebagai media promosi didalamnya juga diberikan info menarik mengenai perkembangan teknologi ini berguna untuk menarik peminat masyarakat untuk mengikuti dan membagikan informasi yang terdapat pada isi konten Instagram menjadikan kemudahan Palembang IT Solutions dalam melakukan pemasaran. Dalam memudahkan konsumen dalam sistem pembayaran pada Palembang IT Solutions dapat melalui pembayaran ditempat (tunai), dan transfer melalui bank BNI dan Mandiri yang telah disediakan Palembang IT Solutions. Strategi ini dilakukan dengan tujuan agar lebih memudahkan konsumen dalam mengenal jasa service ini serta memudahkan konsumen dalam proses pembayaran. Aspek organisasi dan manajemen, Palembang IT Solutions berada dalam bentuk struktur organisai yang terbilang masih sederhana dikarenakan usaha ini baru dimulai/didirikan, struktur organisasi Palembang IT Solutions akan mengikuti perkembangan sesuai dengan tuntutan kinerja usaha. Aspek keuangan, modal awal yang dibutuhkan Palembang IT Solutions adalah sebesar Rp. 31.351.000 dengan pembagian modal yaitu 30% menggunakan modal pribadi dan 70% menggunakan modal dari orang tua dengan perincian modal pribadi sebesar Rp. 9.405.300 dan modal orang tua sebesar Rp. 21.945.700.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: STIE Multi Data Palembang > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:25
Last Modified: 14 Apr 2021 04:27
URI: http://rama.mdp.ac.id:85/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item