JCR BEAUTY (Perencanaan Pendirian Usaha Kosmetik Lip Gloss Di Kota Palembang)

Chaterine Rudi, Jenny (2021) JCR BEAUTY (Perencanaan Pendirian Usaha Kosmetik Lip Gloss Di Kota Palembang). Diploma thesis, STIE Multi Data Palembang.

[img] Text
Jenny Chaterine Rudi (1721200097).pdf

Download (872kB)

Abstract

Bagi banyak perempuan, makeup menjadi kebutuhan primer sebelum beraktivitas sehari-hari. Salah satu jenis makeup yang sering digunakan oleh kaum perempuan adalah Lipstik. Lipstik merupakan satu senjata rahasia untuk mendapatkan wajah yang terasa lebih cerah dan tampak lebih menawan. Penggunaan lipstik setiap hari bisa menyebabkan bibir kering bahkan hingga pecah-pecah, apalagi jika formula dalam lipstik yang digunakan tidak cukup mengandung pelembap. Maka dari permasalahan bibir kering tersebut dan tren makeup di tahun 2020, peneliti tertarik dan memiliki keinginan untuk mendirikan usaha kosmetik bibir di kota Palembang, yaitu Lip Gloss. Usaha di bidang kecantikan ini akan diberi nama JCR Beauty. JCR Beauty hadir dengan menawarkan produk Lip Gloss yang menyediakan 3 pilihan warna yaitu Sincerely, Charming, dan Brave. Produk JCR Beauty terbuat dari bahan– bahan alami yang aman untuk digunakan, mulai dari Lip gloss Base, Almond Oil, Grapeseed oil, Vitamin E, Mica powder, essence vanilla, essence peach, dan essence grapefruit. Harga yang ditawarkan untuk 1 buah Lip Gloss JCR Beauty tahun 2021 adalah sebesar Rp 35.000. Pada era New Normal ini suatu usaha membutuhkan strategi baru untuk mencapai tujuan. Pemilihan strategi bisnis di new normal yang akan dilakukan agar usaha JCR Beauty dapat berjalan dengan baik, adalah dengan melakukan penjualan secara Online. JCR Beauty akan menggunakan media sosial seperti Instagram, Whatsapp, dan E-commerce yaitu shopee sebagai media penjualan, pemasaran dan komunikasi. JCR Beauty juga akan menyediakan kurir dengan ongkos sebesar Rp 10.000 untuk konsumen yang berada di kota Palembang, agar proses pengiriman menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu peneliti juga memiliki strategi lainnya untuk era new normal, yang akan menjadi salah satu keunikan usaha JCR Beauty dari pesaing. Setiap konsumen yang membeli produk lip gloss JCR Beauty akan mendapatkan produk secara gratis yaitu Hand Sanitizer dan Masker. Disamping keunggulan dan keunikan yang diberikan JCR Beauty, peneliti juga mempertimbangkan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini yaitu sebesar Rp 254.120.850 yang memiliki jangka waktu pengembalian modal selama 2 Tahun 1 hari dan memperhitungkan kelayakan usaha JCR Beauty dengan Net Present Value (NPV) JCR Beauty sebesar Rp 150.451.513 yang dapat dikatakan layak karena NPV > 0, Internal Rate of Return (IRR) JCR Beauty sebesar 29,00687% yang dapat dikatakan layak karena IRR > dari suku bunga Bank Indonesia yang berlaku yaitu 3,75%, Average Rate of Return (ARR) JCR Beauty sebesar 173,7% yang dapat dikatakan bahwa JCR Beauty merupakan usaha yang menarik karena memiliki persentase yang besar, Provitability Index (PI) JCR Beauty sebesar 1,59 yang dapat dikatakan layak karena PI > 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: STIE Multi Data Palembang > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 19 Apr 2021 01:46
Last Modified: 19 Apr 2021 01:46
URI: http://rama.mdp.ac.id:85/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item