RICKY CELLINDO (Perencanaan Pendirian Usaha Jasa Service Handphone)

Estrada, Ricky (2021) RICKY CELLINDO (Perencanaan Pendirian Usaha Jasa Service Handphone). Diploma thesis, STIE Multi Data Palembang.

[img] Text
Ricky Estrada (1721200053).pdf

Download (468kB)

Abstract

Handphone merupakan alat telekomunikasi elektronik dua arah yang bisa dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan berupa suara. Pengertian tersebut merupakan pengertian handphone secara umum. Dalam keseharian kini manusia hampir tidak bisa lepas dari handphone. Apalagi dengan semakin berkembangnya handphone sehingga handphone memiliki berbagai fungsi sekaligus. Bukan hanya sebagai alat komunikasi saja namun telah berkembang menjadi alat dengan fungsi lainnya seperti sebagai media hiburan, media bisnis, dan sebagainya. Kini kita mengenal istilah smartphone atau ponsel pintar. Sebutan untuk handphone yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal. Sebelum handphone memiliki fungsi seperti sekarang ini, handphone telah mengalami perjalanan yang panjang sejak awal kemunculannya. (Adzikra Ibrahim, 2020). Handphone juga merupakan alat elektronik yang biasanya mengalami kerusakan. Kerusakan diantaranya disebabkan oleh penurunan kualitas produk itu sendiri maupun kesalahan dalam penggunaannya sehari-hari baik disengaja maupun tidak mengalami kerusakan baik perangkat lunak maupun keras (software dan hardware), dan juga kerusakan pada handphone bisa diakibatkan karena intensitas penggunaan yang terlalu signifikan atau berlebihan. Pada umumnya tingkat kerusakan mencapai 30-40 % setelah 12 bulan pemakaian (garansi hanya 1tahun) sehingga harus dilakukan service. Service pada handphone adalah aktifitas teknis untuk mengatasi kerusakan agar bisa digunakan kembali sesuai dengan permintaan penggunanya. Baik Troubel dari sisi softwear maupun hardwear/sparepartnya. Ricky Cellindo merupakan usaha jasa service handphone yang menyediakan layanan call center dan whatsapp chat bagi konsumen yang ingin berkonsultasi terlebih dahulu dengan kerusakan handphone yang dimiliki serta konsumen juga bisa mengirim handphone mereka yang rusak dengan menggunakan layanan gosend pada aplikasi Gojek dan Grab yang masing-masing sudah tersedia perlindungan asuransi (Protection) ke lokasi toko Ricky Cellindo tanpa harus datang ketempat dan menunggu dalam proses perbaikannya. Namun apabila konsumen merasa kurang yakin, maka Ricky Cellindo menyediakan jasa kurir yang sudah sangat terpercaya yang dapat mengambil dan mengirim kembali handphone yang akan diperbaiki. Untuk konsumen yang datang langsung ketoko, service bisa ditunggu dan dilihat langsung proses pengerjaan perbaikan kerusakan handphone milik konsumen sesuai dengan kerusakan dan tingkat kesulitannnya, Dan juga jasa service handphone Ricky Cellindo memberikan jaminan atau garansi dari jasa service handphone yang diberikan selama kurun waktu 1 bulan. Jasa service handphone yang diberikan kepada konsumen juga memberikan pelayanan dengan menggunakan seragam kerja, peralatan yang canggih dan lengkap dan juga beradaptasi dengan perubahan pelayanan di era new normal dengan memberikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada konsumen dengan menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, melakukan pengecekan suhu tubuh, dan menyediakan tempat atau ruang tunggu yang nyaman dan sejuk untuk konsumen. Aspek pemasaran, usaha ini mempromosikan usahanya melalui media sosial yaitu instagram, facebook, whatsapp, dan line. Media cetak seperti brosur. Ricky Cellindo dengan target segmen usia 15-59 tahun. Yang merupakan remaja, dewasa, sampai orang tua, baik berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan, dan mencakup semua kalangan mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas. Aspek organisasi dan manajemen, Ricky Cellindo berada dalam bentuk struktur organisasi yang terdiri dari pemilik yang juga sebagai teknisi handphone, teknisi handphone, admin/customer service, dan kasir yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam pekerjaannnya. Aspek produksi, lokasi usaha yang dipilih oleh Ricky Cellindo di Jl.RA.Abusamah simpang 5 lebong siarang, sukarami kota Palembang. Proses dalam produksi atau pelayanan sesuai yang telah ditetapkan oleh Ricky Cellindo yang dapat melalui Whatsapp Chat atau Call Center berkonsultasi, mengirim melalui gosend lewat aplikasi Gojek dan Grab, atau datang langsung ketoko Ricky Cellindo dimana service bisa ditunggu dan dilihat langsung proses perbaikannya. Aspek keuangan, modal awal yang dibutuhkan Ricky Cellindo sebesar Rp.821.474.000. untuk mengetahui jangka waktu pengembalian, investasi usaha Ricky cellindo dilakukan perhitungan payback period dengan hasil diketahui bahwa selama 2 tahun 5 bulan 7 hari mampu mengembalikan jumlah investasi yang dikeluarkan. Dalam analisis kelayakan usaha Ricky Cellindo, perhitungan NPV positif dengan hasil nilai Rp.164.515.310 yang artinya usaha jasa service handphone Ricky cellindo dikatakan layak atau dapat diterima, IRR sebesar yang dapat dikatakan layak karena IRR 12,93% > dari suku bunga yang berlaku yaitu sebesar 3,75%. PI yang menunjukkan angka 1,20 > 1 yang berarti layak untuk dijalankan, karena nilai profitability index lebih besar dari 1, dan ARR sebesar 136% lebih besar dari standar yaitu 100%, sehingga Ricky dikatakan layak untuk dijalakan. Dapat disimpulkan bahwa usaha jasa service handphone Ricky Cellindo dikatakan layak atau dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: STIE Multi Data Palembang > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:47
Last Modified: 19 Apr 2021 02:47
URI: http://rama.mdp.ac.id:85/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item