PEARL EYELASH (Perencanaan Pendirian Usaha Jasa Treatment Kecantikan Pearl Eyelash Di Kota Palembang Era New Normal)

Stefany, Stefany (2021) PEARL EYELASH (Perencanaan Pendirian Usaha Jasa Treatment Kecantikan Pearl Eyelash Di Kota Palembang Era New Normal). Diploma thesis, STIE Multi Data Palembang.

[img] Text
Stefany (1721200042).pdf

Download (846kB)

Abstract

Bisnis kecantikan saat ini sudah menjadi kebutuhan khusus di jaman sekarang ini. Make-up atau riasan wajah dianggap sebagai bagian yang paling penting dalam berpenampilan. Pada saat ini banyak para wanita yang berlomba-lomba untuk mempercantik diri, dari kaum remaja hingga orang dewasa. Banyaknya industri kecantikan yang sedang booming sekarang ini, banyak macam treatment yang ditawarkan untuk mempercantik diri. salah satu treatment yang sedang digandrungi oleh banyaknya wanita yang berada di kota-kota besar Indonesia adalah eyelash extension. Penggunaan eyelash extention sangat diminati kaum wanita karena dianggap praktis tanpa harus menggunakan maskara ataupun bulu mata palsu yang lepas pasang, dilihat dari tuntutan penampilan yang seolah-olah memiliki standart yang tidak tertulis sehingga secara tidak langsung hampir setiap wanita menggunakan eyelash extention. Pearl Eyelash sendiri merupakan usaha jasa treatment kecantikan yang menyediakan layanan home service untuk masyarakat yang ingin menggunakan eyelash extension. Pearl Eyelash menggunakan via whatsapp chat dan instagram untuk para konsumen yang ingin konsultasi dan melihat pilihan model yang disediakan untuk memasang bulu mata palsu. Pearl Eyelash sendiri ditujukan untuk segmen pasar menengah seluruh penduduk Kota Palembang, dari mahasiswi hingga para pekerja berjenis kelamin wanita sudah memiliki penghasilan. Pearl Eyelash menawarkan empat jenis Model dan produk dengan harga, Korean Eyelash Extension ditawarkan dengan harga Rp 80.000, Cat eyelash Rp 90.000, Russian 6D Volume Rp 120.000 dan untuk remover dengan harga Rp 15000. Menurut hasil survei yang sudah dilakukan terhadap 40 responden, sebanyak 92,5% responden tertarik menggunakan eyelash extension. Sebagian besar responden memiliki pekerjaan sebagai mahasiswi dan karyawan, dengan usia 17 – 28 tahun. Maka peluang bisnis salad buah ini cukup besar dan menjanjikan. Aspek organisasi dan manajemen dari Pearl Eyelash berada dalam bentuk struktur organisasi yang sederhana, yang terdiri dari pemilik yang juga sebagai admin dan terapis eyelash extension dan 2 karyawan yang bertugas sebagai terapis eyelash extension. Aspek keuangan, modal awal yang dibutuhkan Pearl Eyelash sebesar Rp 220.119.200. Dalam menentukan jangka waktu pengembalian, investasi usaha Pearl Eyelash dilakukan perhitungan payback period dengan hasil diketahui bahwa selama 1 tahun 6 bulan 17 hari mampu mengembalikan jumlah investasi yang dikeluarkan. Dalam analisis kelayakan usaha Pearl Eyelash, perhitungan NPV positif dengan hasil nilai Rp 306.351.655 yang artinya usaha jasa treatment kecantikan Pearl Eyelash dikatakan layak atau dapat diterima, IRR sebesar 57,3% yang dapat dikatakan layak karena IRR > dari suku bunga yang berlaku yaitu sebesar 3,75%. PI yang menunjukkan angka 2,39% > 1 yang berarti layak untuk dijalankan, karena nilai profitability index lebih besar dari 1, dan ARR sebesar 277% lebih besar dari standar yaitu 100%, sehingga Pearl Eyelash dikatakan layak untuk dijalakan. Dapat disimpulkan bahwa usaha jasa treatment kecantikan Pearl Eyelash dikatakan layak atau dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: STIE Multi Data Palembang > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:30
Last Modified: 19 Apr 2021 04:30
URI: http://rama.mdp.ac.id:85/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item