JASMINE BAG (Perencanaan Pengembangan Produk Tas Fashion Toko Tas Jasmine

Valentine Saputra, Angela (2022) JASMINE BAG (Perencanaan Pengembangan Produk Tas Fashion Toko Tas Jasmine. Diploma thesis, STIE Multi Data Palembang.

[img] Text
Angela Valentine Saputra (1822200005).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tas merupakan sebuah benda yang tidak luput dalam kehidupan kita, dimana semua kalangan membutuhkan tas dan penggunaannya tidak dibatasi oleh usia maupun pekerjaan. Fungsi utama dari tas, yaitu untuk memberikan kemudahan penggunanya untuk membawa berbagai macam barang kebutuhan. Selain untuk memberikan kemudahan bagi pemakainya yang disesuaikan dengan kebutuhannya, tas juga memiliki fungsi tambahan, yaitu sebagai pelengkap untuk memperindah penampilan serta manfaat tas juga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis dan investasi. Saat ini, perkembangan dunia fashion sangatlah cepat dan mengambil peranan penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Keberadaan tas bagi seorang perempuan untuk saat ini menjadi suatu keharusan. Dengan adanya perkembangan fashion yang semakin modern, maka akan terus mempengaruhi desain tas di pasaran. Branding merupakan pencitraan agar suatu produk dapat menarik dan melekat di benak konsumen. Tujuan utama dari branding adalah untuk memperkenalkan merek perusahaan. Selain itu, branding juga bertujuan untuk membangun citra dan reputasi yang positif bagi perusahaan agar selalu baik di mata konsumen (Gie,2020). Product branding atau branding produk adalah simbol atau desain yang memberikan produk identitas yang berbeda di pasar. Dengan adanya branding produk, maka produk dapat menjadi daya tarik bagi konsumen, memudahkan perusahaan juga mendapatkan loyalitas dari pelanggan terhadap produk, membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi dan menjadi peluang juga untuk melakukan diferensiasi produk. Toko Tas Jasmine adalah usaha yang bergerak di bidang perdagangan tas dan koper, didirikan pada tahun 2000 yang berlokasi di Jalan Kolonel Atmo Nomor 4B Palembang. Awal mula pemilik hanya menjual tas sekolah hanya dengan menggunakan satu lantai. Kemudian seiring perkembangan, pemilik menambahkan banyak varian tas dan koper serta menambah pajangan retail hingga ke lantai dua. Dan untuk penyetokkan barang, Toko Jasmine dulunya mengambil barang dari agen yang berada di kota yang sama. Tapi sekarang sudah beralih ke pabrik, dimana bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Penulis berencana untuk mengembangkan branding produk tas sekolah dan tas fashion Toko Jasmine yang awalnya mengambil dari pabrik atau agen dengan brand pabrik beralih ke branding merek sendiri dengan nama Jasmine Bag, yang tentunya produk yang akan dibranding menggunakan bahan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh penulis kepada 61 responden, sebanyak 55 responden atau sebesar 90,2% responden tertarik dan berminat terhadap produk Jasmine Bag. Maka dari itu, menjadi peluang yang bagus Toko Jasmine untuk menjual produk dengan brand sendiri sehingga dapat menarik banyak konsumen dan meningkatkan loyalitas terhadap produk toko Jasmine. Produk yang akan dibranding yaitu tas ransel fashion dan tas sekolah dengan pilihan bahan polyester anti air ,kulit sintetis dan bahan kanvas yang tahan air (water resistant) dengan harga terjangkau di antara Rp 100.000-Rp 150.000, .Jasmine Bag menargetkan kalangan menengah, berjenis kelamin perempuan dan laki-laki, sekelompok masyarakat diusia remaja s/d dewasa dengan usia antara 9-44 tahun. Pemesanan produk dapat dilakukan secara online maupun offline, dimana offline konsumen dapat mendatangi toko di Jalan Kolonel Atmo Nomor 4B Palembang sedangkan secara online konsumen dapat membeli langsung melalui Shopee atau Tokopedia, Whatsapp maupun Instagram, kemudian melakukan pembayaran melalui metode online (transfer), COD dan dikirimkan melalui ekspedisi maupun transportasi online seperti Gojek atau Grab. Dalam memperkenalkan produknya ke pasar selain menggunakan promosi social media, Jasmine Bag juga menggunakan strategi potongan harga pada event tertentu dan juga dengan memberikan voucher diskon kepada pelanggan toko yang nantinya dapat digunakan untuk pembelian selanjutnya, sehingga menarik mereka untuk terus berbelanja di Toko Jasmine; serta memperkenalkan produk Jasmine Bag dengan keunggulan dan kualitas kepada konsumen agar brand Jasmine Bag makin dikenal oleh masyarakat akan kualitas dan harga yang terjangkau. Adapun modal awal untuk mengembangkan usaha Jasmine Bag ini sebesar Rp 282.922.000 dengan menggunakan tabungan sendiri dan modal orang tua yang terdiri dari biaya investasi, biaya legalitas, biaya bahan baku dan pembantu, biaya operasional, biaya gaji dan biaya promosi, dibutuhkan waktu pengembalian investasi selama 2 tahun 6 bulan 5 hari. Kemudian, dari hasil analisa kelayakan usaha didapatkan hasil NPV bernilai positif sebesar Rp 39.439.562; hasil IRR sebesar 10,27% dimana lebih besar dari BI Rate November 2021 sebesar 3,50%; hasil PI sebesar 1,13 dimana lebih besar dari 1; serta hasil ARR sebesar 124% dimana lebih dari 100%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pengembangan branding Jasmine Bag ini dianggap layak dan dapat diterima untuk dijalankan serta memiliki prospek bisnis yang baik di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: STIE Multi Data Palembang > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 25 Mar 2022 05:50
Last Modified: 25 Mar 2022 05:50
URI: http://rama.mdp.ac.id:85/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item