KONVEKSI SAKINAH (Perencanaan Pengembangan Usaha Innovation Product dan Digital Marketing Konveksi Sakinah)

Salsabila, Umniyyah (2022) KONVEKSI SAKINAH (Perencanaan Pengembangan Usaha Innovation Product dan Digital Marketing Konveksi Sakinah). Diploma thesis, STIE Multi Data Palembang.

[img] Text
umniyyah salsabila 1822200068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengakselerasi pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia dan meningkatkan konsumsi masyarakat di platform digital, sehingga masyarakatpun lebih banyak berbelanja secra daring daripada belanja langsung kelokasi. Hal itu terlihat dari laporan “Navigating ndonesia’s E-Commerce : Omnichannel as the future of retail”. Berdasarkan laporan ini, 74,5% konsumen lebih banyak berbelanja online daripada berbelanja offline. Kasus Covid-19 mengajarkan kepada kita banyak hal salah satunya adalah lebih dekat dengan Teknologi seperti sekolah online, belanja Online, dan banyak hal hal yang sudah menarapkan sistem online, berbelanja online saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang dalam memenuhi segala kebutuhan nya seperti kebutuhan rumah tangga , fashion dan juga kebutuhan pakaian. Salah satu yang akan dibahas saat ini adalah pengembangan usaha Konveksi Sakinah dengan strategi berbelanja online dengan menggunakan aplikasi berbasis digital. Konveksi Sakinah adalah usaha yang bergerak dibidang tekstil, berdiri pada tahun 1993 yang di kelola oleh bapak Hasan. Konveksi Sakinah menyediakan berbagai jenis pakaian sekolah lengkap mulai dari pakaian paud sampai dengan pakaian guru. Pada awalnya kegiatan jual beli Konveksi Sakinah hanya di lakukan dengan sistem offline transaksi saja dan Konveksi Sakinah hanya menjual kebutuhan pakaian sekolah. sebagai respond terhadap perkembangan zaman dan pengembangan bisnis pada masa yang akan datang maka, usaha Konveksi Sakinah dengan menggunakan konsep penjualan yang memanfaatkan teknologi dan sistem digital yaitu aplikasi berbasis online untuk melakukan sistem penjualanan, kemudian Konveksi Sakinah juga akan menambahkan produk perlengkapan kebutuhan Haji dan Umrah. Aplikasi berbelanja Online dari Konveksi Sakinah dapat di instal melalui Appstore dan Playstore dengan men searching sakinah collection. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pembeli baik didalam kota maupun diluar kota dalam melakukan pembelian produk di Konveksi Sakinah. Aplikasi ini dirancang semaksimal mungkin yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memakainya. Untuk pengembangan usaha ini , Konveksi Sakinah membutuhkan modal awal sebesar Rp. 653.390.000 , untuk mengetahui jangka waktu pengembalian investasi bisnis Konveksi Sakinah , maka dilakukan perhitungan menggunakan payback periode dengan hasil pengembalian modal selama 1 tahun 11 bulan 11 hari. Dalam analisa kelayakan bisnis Konveksi Sakinah, memperoleh NPV (Net present value) sebesar Rp.555.871.437, dengan PI (profitability Index) sebesar 1,43 dimana nilai PI lebih besar dari angka 1. Diketahui nilai IRR (Internal Rate of Return) 43% dimana nilai IRR (Internal Rate of Return) lebih besar dari pada BI Rate 3.50% sebesar dan ARR (Averange Rate of Return ) sebesar 151%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bisnis yang akan dilakukan Konveksi Sakinah ini LAYAK untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: STIE Multi Data Palembang > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 25 Mar 2022 11:29
Last Modified: 25 Mar 2022 11:29
URI: http://rama.mdp.ac.id:85/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item