MONOGRAF ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP JASA TRANSPORTASI BRT TRANS MUSI PALEMBANG

Widagdo, Herry MONOGRAF ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP JASA TRANSPORTASI BRT TRANS MUSI PALEMBANG. Other. STIE Multi Data Palembang.

[img] Text
Monograh Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Jasa Transportasi BRT Trans Musi Palembang.pdf

Download (482kB)

Abstract

Kota Palembang terkenal sebagai kota industri dan kota perdagangan. Kota Palembang sekarang bukan hanya terkenal sebagai kota industri dan kota perdagangan tetapi juga sebagai kota pariwisata di pulau Sumatera. Berbagai tempat wisata indah ditawarkan kota Palembang membuat kota Palembang banyak dikunjungi oleh turis domestik maupun luar negeri. Untuk menunjang pariwisata dan perdagangan di kota Palembang transportasi menjadi sorotan utama. Perusahaan jasa transportasi adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang terletak pada suatu tempat tertentu yang menyediakan jasa angkutan penumpang, dan atau barang dari suatu tempat ketempat lain dengan menggunakan alat angkutan bermotor maupun tidak bermotor melalui darat, air maupun udara dengan mendapat balas jasa. Jasa transportasi pada saat ini merupakan suatu sarana yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan masyarakat. Masyarakat akan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan angkutan umum guna mengantarkannya dirinya ke tujuan. Bertambahnya jumlah penduduk dan kompleksitas kehidupan yang semangkin meningkat, menyebabkan kebutuhan akan jasa transportasi semangkin meningkat. hal ini ditanggapi oleh para pelaku bisnis transportasi untuk berusaha memenuhi kebutuhan tersebut, dengan memberikan pelayanan terbaik dan menambah armadanya. Pemerintah kota Palembang membuat trobosan baru dalam transportasi perkotaan dengan membetuk Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi untuk menggantikan sistem transportasi umum dalam kota sebelumnya. Trans Musi adalah salah satu moda transportasi publik yang beroperasi di kota Palembang. BRT Trans Musi merupakan armada angkutan yang paling popular dibanding dengan moda transportasi di kota Palembang. Trans Musi beroperasi sejak tahun 2009 dengan 20 armada bus medium. BRT Trans Musi dikelola oleh PT.Sarana Pembangunan Palembang Jaya melalui unit usaha BRT Trans Musi yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). BRT Trans Musi ini hanya melayani dua koridor.Koridor I dari terminal alang-alang lebar melewati simpang polda Sumsel dan berakhir dibawah jembatan ampera dan koridor II dari terminal Sako melewati simpang polda Sumsel dan berakhir di Palembang Indah Mall (PIM). Pada tahun 2010 perusahaan menambah 60 bus. Dengan adanya tambahan armada, rute yang dilayani BRT Trans musi pun bertambah menjadi 5 koridor. Faktor utama yang perlu diperhatikan setelah pelayanan dalam usaha jasa adalah mengenai fasilitas. Fasilitas dalam usaha jasa harus selalu diperhatikan terutama yang berhubungan atau berkaitan erat dengan apa yang dirasakan oleh konsumen. Karena dalam usaha jasa, penilaian konsumen terhadap suatu perusahaan didasari atas apa yang mereka peroleh setelah penggunaan jasa tersebut. Menurut Kotler & Armstrong (2012), nilai pelanggan adalah perbandingan pelanggan antara semua keuntungan dan semua biaya yang harus dikeluarkan untuk menerima penawaran yang diberikan. Jumlah biaya pelanggan adalah sekelompok biaya yang digunakan dalam menilai, mendapatkan dan menggunakan produk atau jasa.Karena kepuasan pelanggan sangat tergantung pada persepsi dan ekspektasi pelanggan, maka sebagai pemasok produk perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kemungkinan antara ekspektasi pelanggan dan kualitas pelayanan (jasa) yang diterimanya adalah pelanggan menjadi senang jika kualitas pelayanan yang diterima lebih baik dari perkiraannya. Menurut Kotler dan Keller (2012) terdapat lima faktor dominan atau penentu kualitas kualitas pelayanan jasa,yaitu tangible, empaty, responsiveness, reliability dan assurance. Pelanggan menjadi biasa saja jika kualitas pelayanan yang terima sama dengan perkiraannya. Pelanggan menjadi kecewa jika kualitas pelayanan yang diterima lebih jelek dari perkiraannya. Menurut Kotler (2012) mengemukakan bahwa kualitas adalah keseluruhan ciri serta sifat dari suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.Menurut Kotler dan Keller (2009) kepuasan (satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang telah dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka. Jika kinerja gagal memenuhi ekspektasi, pelanggan akan tidak puas. Jika kinerja sesuai dengan ekspektasi, pelanggan akan puas. Jika kinerja melebihi ekspektasi, pelanggan akan sangat puas atau senang. Kualitas pelayanan sangat penting bagi perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan karena itu sebuah perusahaan jasa dapat memenangkan persaingan dengan menyampaikan secara konsisten layanan yang berkualitas tinggi dibandingkan para pesaing dan yang lebih tinggi dari pada harapan pelanggan. BRT Trans Musi menyediakan pelayanan angkutan umum yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, pemanfaatan jaringan jalan secara optimal sehingga mengurangi kemacetan lalu lintas, menarik pengguna kendaraan peribadi sehingga menggunakan angkutan umum. BRT Trans musi memberikan jaminan keamanan yang lebih baik kepada penggunanya, karena dilengkapi dengan pintu keluar masuk yang hanya dibuka/ditutup oleh pengemudi. Setiap harinya, rata – rata trans musi mengangkut penumpang sebanyak 15.000 orang. Ketika hari libur atau minggu mengangkut hingga 17.000 penumpang. Pemerintah kota Palembang berharap BRT Trans Musi ini dapat menjadi moda transportasi yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dan pada akhirnya diharapkan dapat memuaskan masyarakat kota Palembang

Item Type: Monograph (Other)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: STIE Multi Data Palembang > Manajemen
Depositing User: Nur Saadah
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:00
Last Modified: 09 Mar 2023 09:00
URI: http://rama.mdp.ac.id:85/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item